Sunday, September 26, 2010

Passion

Semester ini saya resmi memasuki tahap baru yang berbeda dibandingkan dengan semester-semester sebelumnya. Ya, saya resmi menunaikan ibadah skripsi di semester ini. Harapan saya, makhluk yang bernama "skripsi" ini selesai di semester ini sehingga semester depan sudah ada tambahan "S. IP" di belakang nama saya.
Skripsi tidak semudah yang dibayangkan. Memang tidak ada yang bilang kalau skripsi itu mudah, semuanya mengeluhkan, "Skripsi itu susah", "Skripsi itu ribet", "Skripsi itu mahal", dan sebagainya. Bagi saya sendiri semuanya betul. Tidak mudah, tidak ringkas, dan tidak murah. Perlu kecermatan, kerja keras, usaha, keberanian, kenekatan, dan di atas segalanya diperlukan kemauan. Passion mungkin pilihan kata yang tepat.
Beberapa tahun belakangan ini saya mengakrabi kata "passion" tersebut. Berpuluh-puluh pekerjaan yang saya lakukan menjadi hal yang saya cintai, menjadi hal yang saya ikhlaskan, menjadi hal yang memberikan ruh, energi saya dalam memaknai hidup didasarkan pada kata itu, passion.
Sebagai sebuah kosakata, passion jelas bukanlah kata yang baru bagi telinga saya. Namun sejak beberapa tahun belakangan, passion menjadi kata yang bernyawa.
Kata passion menjadi sebuah kepercayaan yang dipegang teguh oleh saya, pacar saya, dan beberapa teman kami. Kami percaya bahwa passion merupakan suatu dasar dari rasa bahagia dalam menjalankan sesuatu. Apapun yang kami lakukan akan menjadi lebih hidup, menjadi bermakna, dan tidak terasa sebagai beban jika didasarkan pada passion ini.
Tidak berbeda dalam mengerjakan skripsi ini. Kata passion agaknya harus kembali kami terapkan. Saya khususnya sudah merasakan "sensasi passion" dalam diri saya. Bagaimanapun jatuh dan terinjaknya saya harus segera bangkit dan menyukuri saat-saat tersungkur mencium tanah.
Skripsi memang tidak pernah mudah. Ini bukan melulu seputar menulis, membaca, dan meneliti. It is absolutely beyond a research. Ini adalah petualangan yang harus segera diselesaikan. Secepat mungkin, sekuat mungkin.
Jadi, selamat datang kembali buku-buku tebal. Selamat datang kembali tidur tengah malam. Selamat datang kembali pesan-pesan "jangan lupa makan". Lets make friends! :)

2 comments:

puspaningtyaspanglipurjatistories said...

heheheee..semangat ya nduk..tentang apa skripsimu..?semoga "passion" itu akan terus ada:)

Syaifa Tania said...

aku tentang kampanyenya prudential, beb. makasih banyak sayang. aduh kita belum jadi ketemu ya buat cerita-cerita :(