Friday, November 5, 2010

Hand A Book!

"Yes, I gave a hand by giving a book and it feels so GOOD!"

Ya, dari judulnya udah ketauan banget kalau itu kegiatan yang berkutat soal sumbang-menyumbang buku. Berbeda dengan acara sumbang-menyumbang buku lainnya yang ditujukan untuk teman-teman yang kurang mampu, kegiatan yang bernama "Hand A Book" ini berawal dari "kelangkaan" beberapa buku bagus yang sudah sulit ditemukan baik di perpustakaan maupun di toko-toko buku.
"Hand A Book" merupakan sebuah proyek sosial mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UGM yang berangkat dari temuan menarik bahwa saat ini banyak para mahasiswa tingkat akhir yang "kelebihan" buku sementara para mahasiswa baru banyak yang kesulitan mencari buku-buku perkuliahan yang disarankan oleh dosen. Selain itu, dari riset kecil-kecilan yang telah dilakukan ditemukan fakta psikologis bahwa ternyata para mahasiswa memiliki rasa empati yang tinggi untuk menolong sesama namun mereka dihadapkan pada keterbatasan-keterbatasan tertentu seperti waktu dan keleluasaan ekonomi. Oleh karena itu, maka "Hand A Book" berupaya untuk mengakomodir dan menjembatani kedua hal tersebut melalui program donasi buku-buku perkuliahan di bidang studi Ilmu Komunikasi untuk kemudian disalurkan kepada teman-teman mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM yang memerlukan buku tersebut.


Untuk berpartisipasi dalam program
"Hand A Book" ini sendiri prosedurnya sangat mudah. Teman-teman dapat langsung menghubungi "Hand A Book" melalui mention di account Twitter @handabook, Facebook "Hand A Book", maupun secara langsung menghubungi admin di nomor (082138287013). Dalam program ini, teman-teman dapat mendonasikan minimal tiga buku yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi untuk kemudian ditukarkan dengan sebuah T-Shirt secara gratis bertuliskan, "Yes, I gave a hand by giving a book". Buku-buku yang didonasikan kemudian akan ditempeli stiker untuk kemudian dituliskan nama dan angkatan pemilik buku sebelumnya serta kesan pribadinya tentang buku tersebut.
Sementara itu, bagi teman-teman yang ingin memperoleh buku dari program "Hand A Book" dapat mengakses data base pengarsipan buku-buku yang tersedia di website "Hand A Book" melalui situs http://www.handabook.co.cc/ . Sejauh ini telah tersedia 51 buah buku di bidang Ilmu Komunikasi terutama yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Ilmu Sosial dan Politik, Media, Metode Penelitian, Teori, dan masih banyak lagi.


Dengan adanya program
"Hand A Book" tidak hanya sekedar beramal dengan mendonasikan buku serta memperoleh buku-buku yang dibutuhkan. Lebih dari itu, program "Hand A Book" ini mampu menunjukkan sense of belonging yang erat di antara sesama mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UGM dari berbagai angkatan. Melalui program ini, kedekatan emosional yang selama ini didengung-dengungkan terbukti melalui kepedulian untuk membantu dan mendukung sesama civitas akademika dalam bentuk sharing ilmu lewat buku-buku perkuliahan.

No comments: